Monday , May 27 2019
Home / Community Corner / Mengikat Silaturahmi Antar Komunitas Capoeira Dengan Roda Do Mes 

Mengikat Silaturahmi Antar Komunitas Capoeira Dengan Roda Do Mes 

Sebuah seni bela diri yang berasal dari Brazil dan Portugis, kini Capoeira sudah banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia, dan menjadikannya sebagai hobi. Ada yang unik dari komunitas Capoeira di Bandung, yang pada bulan Maret 2019 Kemarin menggelar acara Rodha Do Mes, yang berartikan Roda sebagai lingkaran dan Do Mes diartikan setiap bulan, dalam bahasa portugis.  

Sehingga acara ini akan diusahakan untuk digelar di setiap bulannya, yang diketuai oleh komunitas Capoeira Bandung sebagai tuan rumahnya. Perlu untuk diketahui bahwa acara ini terbuka untuk umum, sehingga tidak mengikat hanya untuk komunitas Capoeira di bandung saja, bahkan merekapun mengundang seluruh komunitas Capoeira dari seluruh penjuru Indonesia untuk bermain dan berkumpul. 

Mengenal Cara Bermain Roda Do Mes 

Cara bermain dalam permainan Capoeira, para pemain termasuk pemain alat musik akan berkumpul dengan membuat lingkaran. Dimana nantinya akan ada pemain yang bertugas untuk memainkan alat musik, dan juga bertarung di dalam lingkaran tersebut, nantinya mereka akan bertarung dan memainkan alat musik secara bergantian di dalam lingkaran tersebut, sedangkan yang lainnya akan bernyanyi. 

Jika ada pemain yang tidak bertarung dan memainkan alat musik, maka mereka diharuskan untuk menyanyikan mengikuti irama. Hal ini berfungsi untuk memberikan semangat bagi beberapa orang yang bertarung, dan juga untuk para penonton yang melihat, agar mampu memikat penonton, yang bertujuan untuk menyebarkan seni bela diri Capoeira ke seluruh masyarakat di Indonesia. 

Manfaat dan Harapan Dari Diadakannya Acara Ini 

Ada banyak manfaar yang bisa didapatkan baik itu bagi pemain, ataupun penonton yang datang ke lokasi dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang Capoeira. Dengan mengikuti acara ini para pemain capoeira di Indonesia bisa saling bertukar ilmu, untuk belajar lebih banyak tentang bela diri ini, bahkan untuk bertemu dengan berbagai komunitas Capoeira dari seluruh penjuru Nusantara. 

Sedangkan bagi para penonton akan disuguhkan pertunjukan yang menarik, kolaborasi dari pertarungan dan alunan musik. Yang diharapkan bahwa bela diri ini bisa lebih dikenal oleh masyarakat, juga dalam acara ini para pemain capoeira bisa berinteraksi dengan masyarakat di Bandung, juga untuk bersilaturahmi untuk saling mengenal satu sama lain sebagai sesama komunitas Capoeira. 

 

Sumber: Komunita.ID  

https://komunita.id/2019/04/15/roda-do-mes-bandung-silaturahmi-komunitas-capoeira-di-indonesia/ 

 

Lihat Juga :  Gerakan Pengurangan Penggunaan Sampah Plastik di Bekasi

Check Also

Pemkot Bekasi Bangun Hubungan dengan Komunitas Lewat Dialog Cerdas

Pada kamis (21/2) Pemerintah kota Bekasi bersama Dinas Pemuda dan Olahraga mengadakan acara yang dihadiri …