Wednesday , July 17 2019
Home / Have Fun / Hangout / Pantai Petanahan, Merasakan Pantai indah di Kebumen

Pantai Petanahan, Merasakan Pantai indah di Kebumen

Keindahan Pantai Selatan yang terletak di daerah karanggadung, Kebumen- Jawa Tengah ini memang tak terelakkan lagi. Tempat wisata yang sering digandrungi oleh para wisatawan ini dapat dengan sukses memberikan keindahan alam yang tiada duanya. Banyak pesona pantai yang menarik untuk dikunjungi, selain itu dengan harga yang terbilang murah pantai ini dapat menjadi pilihan destinasi berlibur yang menyenangkan. 

Ada baiknya, bila ingin berwisata ke pantai petanahan ini menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor dikarenakan dari pintu masuk hingga ke pantai dapat dicapai dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan dengan jarak yang terbilang lumayan (kurang lebih sekitar 3-4km). Ketika masuk pantai menggunakan kendaraan, biasanya per kendaraan akan dikenakan biaya parkir yang terbilang murah (kurang dari 10ribu). Tiket masuknya pun masih terbilang murah, untuk orang dewasa 7ribu rupiah, untuk anak- anak 4ribu rupiah dan dikenakan biaya asuransi 500rupiah per orang. (*harga pada juni 2019) 

Sepanjang perjalanan pintu masuk hingga ke pantai banyak dijajakan pedagang yang menjual aneka souvenir, makanan, ataupun minuman yang terbilang relatif murah harganya. Untuk kaos lengan pendek yang dengan desain pantai petanahan dikenakan harga 35ribu rupiah, dan lengan panjangnya sekitar 45ribu rupiah. Untuk makanannya pun terbilang murah, seperti Pecel yang hanya dijual dengan kisaran harga 7ribuan per porsinya. Sesampainya di pantai, maka akan terlihat pantai berada di sebelah kiri dari arah kedatangan atau pintu masuk. Disekitar pantai ini, terdapat tebing dan juga dikelilingi oleh hutan sehingga dapat dikatakan bahwa pantai petanahan ini memang cukup menyegarkan untuk menghilangkan penat. 

Pantai ini juga identik dengan tugu yang bertuliskan “PANDAN KUNING PETANAHAN” yang kerap kali, tugu ini dijadikan sebagai spot foto yang cukup menarik. Ketika akan memasuki pantai, kita akan melihat beberapa pohon yang memang bagian dari hutan pinggir pantai petanahan ini. Di sekitar hutan ini juga diberikan beberapa spot untuk berfoto seperti Spot Gubug Pelangi, atau spot kursi yang bertuliskan “pantai petanahan”. Spot foto ini dikenakan biaya per orangnya 2ribu rupiah per spot foto.  

Puas dengan keindahan hutan dan spot foto tersebut, maka kita dapat langsung terjun ke pasir dengan cara menuruni tebing yang tingginya kurang lebih 1-2 meter. Pasir pantai yang sangat halus ini membuat kita ingin melepas alas kaki sehingga kita dapat berjalan diatas pasir tanpa alas kaki sekalipun. Pasir di pantai petanahan ini masih terbilang sangat indah, banyak anak- anak ataupun orang dewasa yang terlihat bermain- main dengan pasir ini. 

Dikarenakan pantai petanahan ini terletak di pantai selatan, tidak dapat dipungkiri ombak yang dihasilkan oleh pantai inipun terbilang tinggi dan sangat bagus. Terkadang juga kita dapat menemukan ubur- ubur bila siang hari namun ketika ada ubur- ubur maka kita akan dilarang mendekati bibir pantai. Sistem keamanan di pantai petanahan ini juga terbilang cukup aman karena disepanjang bibir pantai banyak TIM SAR yang melakukan penjagaan, dan tidak jarang mereka berkeliling untuk mengecek keamanan pengunjung. Jalur evakuasi tsunami pun cukup mudah ditemui papan petunjuknya sehingga memungkinkan pengunjung untuk dapat melakukan evakuasi secepat mungkin bila ada tsunami.  

Desiran ombak yang dihasilkan oleh pantai ini memberikan kesegaran. Tidak jarang ada beberapa pengunjung yang rela berdiam diri di bibir pantai demi mendapatkan hembusan ombak. Air laut pantai inipun terbilang sangat jernih, airnya begitu menyegarkan dan terasa dingin. Benar- benar kesegaran yang didapatkan ketika tubuh menyentuh air laut ini. Banyak kulit kerang kecil yang dapat dilihat dipasir pantai ini, serta anak- anak pasti akan sangat tertarik untuk melihat bayi- bayi kepiting yang baru saja keluar dari pasir. Sehingga dapat dipastikan destinasi wisata di pantai petanahan ini sangat amat memuaskan wisatawan dan memberikan rasa rileksasi bagi yang ingin menghilangkan stres atau penatnya. (JH/BC) 

 

Lihat Juga :  The lion king 2019, menjadi film animasi yang bertabur bintang

Check Also

Pernah Disuruh Jadi Band Pop Melayu, THE GRGTZ  Menampik Tegas Dengan Merilis Single “Brand New Me”

Setelah sebelumnya menjadi jebolan finalis kompetisi band Supermusic ID Rockin’ Battle pada 2016 lalu, THE …