Wednesday , July 17 2019
Home / How To / Memahami Tugas Penyedia Jasa Event Organizer Sebelum Memulai Bisnis

Memahami Tugas Penyedia Jasa Event Organizer Sebelum Memulai Bisnis

Jasa event organizer sangat dibutuhkan oleh berbagai kalangan masyarakat, mulai dari pelajar, mahasiswa, mereka yang hendak menikah, dan bahkan perusahaan. Tidak heran banyak orang mulai tertarik untuk menjalankan bisnis EO. Jika Anda juga melihat EO sebagai peluang yang menggiurkan, pastikan untuk memahami terlebih dulu calon pekerjaan Anda sebelum memulai bisnis ini. 

Melakukan Penelitian Merupakan Tugas Pertama Penyedia Jasa Event Organizer 

Penelitian yang perlu dilakukan sebelum menangani acara besar termasuk melakukan survei dan wawancara, mencari tahu semua vendor serta pemasok, membaca semua hal yang berkaitan dengan adat dan etika. 

Selain itu, jangan malu untuk berbicara dengan EO lain yang telah berhasil merencanakan acara yang mirip dengan yang sedang Anda kerjakan saat ini. Gali sebanyak mungkin informasi dari klien Anda untuk mendapatkan detail keinginan dan kebutuhan mereka. 

Membuat Desain Perencanaan Acara 

Gunakan kreativitas Anda dalam pembuatan desain perencanaan acara dimana Anda perlu menciptakan sketsa acara dengan tampilan dan rasa yang menarik. Diskusikan dengan karyawan dan cari ide-ide menarik dari data-data yang telah Anda kumpulkan. 

Ide-ide yang berdasarkan pada keinginan klien akan sangat menarik dan memuaskan bagi klien Anda. Selain itu, sangat penting untuk menyesuaikan rancangan acara tersebut dengan anggaran untuk menghindari kebangkrutan. 

Mengajukan Proposal untuk Mempelancar Pekerjaan Jasa Event Organizer 

Segera setelah melakukan wawancara dengan klien, Anda perlu menggunakan informasi  yang gcukup untuk mempersiapkan proposal. Pembuatan proposal bisa memakan waktu dan menghabiskan biaya, terutama jika proposal Anda mengandung sketsa dan foto. 

Hanya perusahaan besar yang bisa mengadakan acara kelas atas yang mampu menyediakan proposal gratis kepada klien. Anda bisa memasang biaya konsultasi dan menerapkannya pada acara klien yang berencana mempekerjakan Anda. 

Mengorganisasi Acara 

Dalam fase inilah Anda akan menyewa lokasi, vendor, serta mengurus banyak sekali detail. Anda harus terbiasa dengan berbagai panggilan telepon. Pastikan klien Anda selalu siap terhubung dengan Anda demi kelancaran acara yang akan diadakan, terutama jika ada keputusan besar yang harus dibuat. 

Dengan menyelami seluruh tugas di atas, Anda akan siap menjalankan usaha EO dengan meminimalisir kendala dan meraih kesuksesan. 

Lihat Juga :  Raih Kesuksesan Melalui Bisnis Event Organizer 

Check Also

Mematangkan Persiapan Sebelum Menjalankan Event Organizer

Memulai usaha di bidang penyedia jasa seperti EO atau event organizer tidaklah mudah. Sebagian besar …

Leave a Reply

Your email address will not be published.