Wednesday , October 23 2019
Home / News / Event Coverage / Bentuk Kuliah Peduli Negri, Mahasiswa Mercu Buana Sosialisasikan Bijak dalam menggunakan Sosial Media agar terciptanya personal Branding

Bentuk Kuliah Peduli Negri, Mahasiswa Mercu Buana Sosialisasikan Bijak dalam menggunakan Sosial Media agar terciptanya personal Branding

JAKARTA –  Mahasiswa Universitas Mercu Buana mensosialisasikan perlunya Bijak dalam menggunakan Sosial Media khusunya Instagram di SMAN 11 Jakarta. Kegiatan digelar dalam bentuk seminar kepada siswa/i di sekolah tersebut. 

Apa sih yang terlintas dipikiran kamu saat mendengar kata “Ashyiap”? Semua orang pasti akan menjawab Atta Halilintar. Itu memang hanyalah sebuah kata sederhana, namun begitu mendengarnya orang-orang pasti akan terpikirkan nama Atta Halilintar. Nah, kata “Ahsyiap” tersebutlah yang disebut dengan Personal Branding dari seorang youtuber, Atta Halilintar.  

Lalu, apa hubungannya meningkatkan rasa percaya diri dengan Personal Branding?  

“Dengan Personal Branding yang kamu ciptakan, orang-orang akan semakin mengenal kamu dan jaringan pertemanan kamu akan semakin luas. Dari sanalah kepercayaan diri akan meningkat.” Ujar Tri Haryanto salah satu mahasiswa jurusan Marketing Communication and Advertising di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana yang menjadi salah satu pembicara  pada seminar di SMAN 11 Jakarta. Kegiatan seminar ini dilakukan sebagai salah satu program pendidikan dari Universitas Mercu Buana yaitu Kuliah Peduli Negri (KPN) yang merupakan aplikasi dari kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi, salah satunya pengabdian masyarakat. 

Secara garis besar, Personal Branding sendiri adalah suatu persepsi, kesan atau pendapat seseorang mengenai diri kita. Nah, bagaimana sih tips untuk membuat Personal Branding? Kedua pembicara di Seminar “INSIGHT” dan Bpk.Riki Arswendi, S.Sos, M.Ikom sebagai dosen pengampu mata kuliah di Universitas Mercu Buana memaparkan beberapa tips nih! Yang terpenting saat kamu ingin membangun Personal Branding kamu adalah Be Yourself, konsisten dan buat konten yang sesuai dengan passion kamu.  

Di zaman sekarang, kita memiliki dua kehidupan, kehidupan di lingkungan sehari-hari (offline) dan kehidupan di media sosial (online). Seminar ini dilakukan untuk memahami bagaimana cara bijak dalam menggunakan sosial media untuk berbagi hal-hal positif dan dapat mem”branding” diri untuk mendapatkan manfaatnya. Alasan kita mengambil kegiatan di SMA, dikarenakan anak-anak SMA pada zaman sekarang sudah tidak asing lagi dengan yang namanya sosial media. Generasi ini disebut juga sebagai generasi Z dimana sudah mengenal dan aktif di dunia maya atau dikehidupan online.  

Saat kamu ingin mulai membuat dan melakukan Personal Branding kamu, kamu juga harus perhatikan kehidupan online dan offline kamu tetap sama. Karena apa yang kamu posting di sosial media merupakan gambaran siapa diri kamu. Nah, saat kamu berhasil membuat branding kamu sendiri, selain rasa percaya diri yang meningkat kamu juga bisa memperluas koneksi kamu.  

Hal terpenting adalah berhati-hatilah dalam berselancar di dunia maya. Personal Branding itu penting, tapi bersopan santun dan beretika dalam media sosial juga penting. Karena postingan kamu menjadi cerminan diri kamu dan orang lain akan melihat kamu seperti apa yang kamu posting.  

“Jika kamu tidak mengenali diri sendiri, maka orang lain tidak akan mengenalimu.” Begitu kalimat penutup seminar INSIGHT.  

 

Next Prev

1 |  

2 |  

3 |  

4 |  

5 |  

6 |  

7 |  

Next Prev

Check Also

SAPA PENGGEMAR INDONESIA LEWAT PRESS SHOWCASE, CIX BILANG “MANTUL” DAN IKUT DEMAM ‘APA SALAHKU’

Jumat malam lalu (4/10) boy grup asuhan C9Entertainment sukses menggelar Press Showcase di Upperroom Hall, …