Wednesday , July 17 2019
Referensi Pihak Ketiga
Home / News / Event News / Festival Menakjubkan Salah Satunya Parade 1001 Kuda Sandelwood di NTT 

Festival Menakjubkan Salah Satunya Parade 1001 Kuda Sandelwood di NTT 

Pulau Sumba terkenal dengan keindahan alam yang dimilikinya. Termasuk dalam Provinsi Nusa Tenggara Timur tahun ini disoroti karena akan dilaksanakan festival spektakuler. Waktu pelaksanaannya cukup panjang yaitu 5-12 Juli 2019. Kabarnya pengunjung yang datang akan disuguhi berbagai atraksi dan pameran kebudayaan. 

Parade 1001 Kuda Sandelwood 

Tahun lalu tradisi ini telah berhasil digelar, bahkan didatangi para wisatawan mancanegara. Ciri khas pulau ini berasal dari daya tarik kuda Sandel atau Sandalwood.  Kuda Sandalwood merupakah jenis kuda terbaik asli Indonesia. Fakta menunjukkan jenis ini memiliki keturunan dari kuda Arab. Sejatinya telah populer di arena pacuan kuda. 

Keunikan dari atraksi Sandalwood berpacu tanpa adanya pelana dan diadakan dalam pulau. Lintasan yang akan dilalui sejauh tiga mil. Selama festival berlangsung pengunjung akan disuguhi pemandangan indah dari kuda yang didekorasikan. Berbagai aksesoris menonjol dan didukung dekorasi berkilau akan memeriahkan lintasan tersebut. 

Sementara itu, para penunggang kuda akan menggunakan kostum tradisional. Tetapi kostum tersebut tidaklah sama karena tiap pulau berbeda-beda. Nantinya penunggang kuda akan dibagi dalam beberapa kelompok. 

Setelah siap untuk memulai mereka akan bersaing du hadapan juri. Kriteria yang dinilai antara lainkinerja, keterampilan pengriasan, dan manajemen menunggang. Disamping itu, anda juga dapat menikmati sensasi menunggang kuda. Pihak penyelenggara telah menyiapkan beberapa kuda yang dapat ditunggangi wisatawan. 

Festival Tenun Ikat dan Wisata Kuliner 

Selain menyelenggarakan atraksi kuda Sandel, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreativ Provinsi juga menampilkan kerajinan tenun ikat. Untuk pameran tenun ikat akan diadakan selama delapan hari. Sumba terkenal akan hasil kerajinan tenun tradisionalnya. 

Daya tarik utama akan diadakannya peragaan busana dari tenun ikat dan pertunjukan tarian tradisional. Anda juga akan disuguhi beragan kuliner tradisional yang sangat lezat. Diantaranya  Ka’pu Pantunnu, Kadapet Watara, Sayur Rumpu Rampe, dan Nga’a Watary Patau Kabbe. 

Acara puncak dari seluruh festival akan diadakan di Tambaloka, tepatnya Kabupaten Sumba Barat Daya. Keseruan lainnya dapat anda dapatkan dengan mengunjungi Situs Megalitik, Budaya Marapu, dan Festival Pasola. Jika ingin merasakan keseruan dialam maka dapat berselancar dipulau yang juga terkenal sebagai surga peselancar ini. 

 

Lihat Juga :  MUSTER UP SOUL OF DREAM

Check Also

Jangan Lewatkan Festival Paling Romantis Dieng Culture Festival, Catat Tanggalnya! 

Dieng Culture Festival (DCF) telah menjadi acara tahunan yang telah digelar hampir satu dekade. Penyelenggaraan …