Sunday , September 22 2019
Home / News / Event News / Jangan Lewatkan Festival Biak Munara Wampasi Yang Menojolkan Eksotisme

Jangan Lewatkan Festival Biak Munara Wampasi Yang Menojolkan Eksotisme

Festival Biak Munara Wampasi atau BMW merupakan festival tahun yang rutin diselenggarakan. Termasuk dalam agenda 100 festival pariwisata nasional. Tahun lalu diselenggarakan pada akhir Agustus. Sementara agenda tahun ini lebih awal yakni 1-6 Juli 2019 di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua.  

Seputar Festival  

Pulau Biak berada di kawasan pasifik ini memiliki berbagai keindahan bawah laut terutam bagi penyelam. Selain itu anda juga dapat menikmati keindahan Pulau Rurbas Kecil, Pulau Wundi, Barracuda Point, Catalina Wreck, dan Pulau Owi. Festival BMW ini juga menghadirkan berbagai wisata dari kebudayaan asli masyarakat adat Kabupaten Biak. 

Besar harapan penyelenggaraannya dapat sukses dengan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan lokal yang meningkat. Lebih dari itu dapat menggerakkan potensi kegiatan usaha masyarakat lokal dan mengenalkan Pulau Biak kepada dunia. 

Festival di Pulau Biak ini merupakan agenda ke tujuhnya di Provinsi Papua. Akan ada serangkaian acara yang akan digelar disana. Penyelenggaraan dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Papua dan didukung oleh Kementerian Pariwisata. Pagelaran yang ditampilkan akan fokus pada seni dan budaya setempat. 

Diantaranya snap mor merupakan budaya menangkap ikan saat air laut surut. Ada juga apen beyeren yakni berjalan dengan kaki telanjang di atas batu panas. Lari Biak sejauh 10 km, pameran budaya dan bunga anggrek, pertunjukan tari khas Biak, dan dilengkapi hiburan band. 

Pesona Kabupaten Biak 

Festival BMW 2019 juga merekomendasikan destinasi menarik bagi pengunjung dan wisatawan. Seperti mengamati biota laut dan terumbu karang dengan melakukan snorkeling di Spa Bia. Anda juga dapat mengunjungi destinasi wisata unggulan yakni Pantai Batu Picah, Goa Jepang,  dan Telaga Samares. 

Selain itu, juga menawarkan berbagai kuliner tradisional khas Biak. Kurang lengkap rasanya jika belum mencicipi masakan laut disana. Menu paling terkenal dan wajib dicoba yaitu Sate Ulat Sagu, Papeda Kuah Kuning, dan Martabak Sagu. 

Aksebilitas ke lokasi festival hanya dapat dilalui jalur laut dan udara. Bagi anda yang menggunakan jalur udara dapat melalui Jakarta atau Makassar menuju Bandar Udara Frans Kaisiepo, Biak. Tetapi melalui jalur laut sangat seru, anda harus menaiki Ferry atau Kapal Pelni dari Jayapura ke Kabupaten Biak. 

 

Lihat Juga :  Pecinta Ramen, Jangan Lewatkan Wakayama Surganya Ramen Di Jepang

Check Also

Foresta 2019 menjadi konser musik yang ramah lingkungan

Forest Orchestra atau forestra adalah konser musik di tengah hutan yang dijadikan sebagai salah satu …