Wednesday , August 21 2019
Home / News / Event News / Memperkenalkan Budaya Desa Krayan Melalui Festival Crossborder di Nunukan

Memperkenalkan Budaya Desa Krayan Melalui Festival Crossborder di Nunukan

Sebuah daerah di Kalimantan Utara akan menggelar sebuah festival, yang dinamakan dengan festival Crossborder, pelaksanaan rencananya akan digelar pada 27 sampai 28 April 2019 mendaatang. Acara ini bertempat di Nunukan sebagai salah satu Kabupaten di Kalimantan Utara, yang rencananya akan memperkenalkan budaya khas dari desa Krayan sebagai salah satu objek wisata andalannya. 

Rencananya dalam perayaan festival kali ini, akan memperkenalkan beragam budaya dari suku Dayak, yang perlu untuk dilestarikan sebagai bagian dari budaya Indonesia. Alasan dengan memilih Desa Krayan sebagi lokasi wisata andalan, karena adatnya yang sangat kental dengan selalu mengikuti ajaran leluhur, yang dihuni oleh 12 ribu jiwa dengan adat khasnya yaitu adat Dayak Luyadeh. 

Ragam Kebudayaan Yang Bisa Dilestarikan 

Banyak sekali pertunjukan kebudayaan yang bisa dinikmati oleh pengunjung, terutama bagi anda yang menyukai beragam kearifan lokal, dari mulai budaya hingga wisata alamnya. Karena, perlu untuk anda ketahui bahwa daerah ini masih memiliki hutan yang asri, sehingga masih ditumbuhi oleh pepohonan rindang dan udaranya yang sejuk, cocok untuk dijadikan sebagai tempat berekreasi. 

Biasanya wisatawan yang datang bisa menikmati keindahan alam, dengan cara mendaki gunung atau menjelajah di hutan yang belum tercemar ini. Terutama hal itu sangat penting untuk menjaga, hubungan manusia dengan alam, selain menjelajah anda bisa menikmati acara adat Irau Rayeh Luyadeh, sebagai bentuk rasa syukur Masyarakat Dayak Luyadeh kepada keberkahan yang telah diberikan tuhan. 

Harapan Dari Diadakannya Festival Tahunan Ini 

Saat ini pemerintah setempat telah mengumumkan harapan, dari diadakannya festifal tahunan ini, yang dipercaya mampu meningkatkan eksistensi dari kebudayaan suku dayak. Yang kini banyak terlupakan oleh generasi muda, sehingga akan selalu terjaga kelestariannya, dengan memperkenalkan kebudayaan lokal, sekaligus dengan memberikan pengetahuan akan pentingnya menjaga alam demi bumi Nusantara. 

Selain itu pemerintah daerah juga berharap, dengan diadakannya acara ini mampu membangun potensi daerah, dengan berbagai keunggulannya. Salah satu keunggulan yang patut dijaga adalah sumber keaneka ragaman hayatinya yang tinggi, juga terawat dengan keadaan hutan yang masih asri, seperti memperkenalkan hasil cocok tanam, yang benar-benar murni tanpa bahan kimia apapun. 

 

Sumber: UC Browser – Yuk Ke Festival Crossborder Nunukan, Jangan Lupa Mampir ke Krayan 

https://buc.kim/d/7Tq8L38s9QQa 

 

Lihat Juga :  Brigitta Rena Seorang Game Developer Muda yang Mengharumkan Indonesia Di Mata Dunia

Check Also

Agustus Mendatang Machine Gun Kelly Akan Menggelar Konser di Indonesia, Jangan Samoai Kelewatan! 

Machine Gun Kelly yang merupakan aktor sekaligus rapper dunia tahun ini akan menyapa penggemarnya di …